PELAYANAN ANDROLOGI DI RSUD SIDOARJO

administrator | 2018-07-04 13:47:50

Oleh : dr. Hengki Lukas,Sp.And

Andrologi adalah cabang ilmu kedokteran yang berperan pada system reproduksi pria sejak masa anak, dewasa hingga lanjut usia.

Di rumah sakit umum daerah Sidoarjo sendiri telah menangani pasien anak yang mengalami penis kecil, dimana ukuran penis tidak sesuai dengan usia anak tersebut. Dengan ukuran yang tidak sesuai maka bisa diperkirakan adanya gangguan hormonal dimana kadar hormon anak tersebut tidak seperti anak yang lainnya. Sehingga para orang tua hendaknya memeriksakan anaknya apabila curiga ukuran penis anaknya tidak pada umumnya. Pengukuran biasa dilakukan dengan alat penometer yang dimana tekniknya hanya bisa dilakukan oleh ahlinya.

Semakin dini memeriksakan anak sebelum usia pubertas, maka akan semakin bagus hasil terapi yang didapatkan.

Selain penis kecil, ilmu kedokteran Andrologi Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo juga menangani masalah kesuburan, dimana infertilitas atau kasus sulit memiliki keturunan saat ini para pria memiliki peranan yang besar. Kasus sulit memiliki keturunan yang disebabkan oleh parameter sperma yang tidak baik saat ini semakin meningkat dari tahun ke tahun. Andrologi memiliki peran penting dalam membantu pasien pria yang dimana memiliki sperma yang kurang bagus untuk diterapi agar meningkat lebih baik dengan harapan terjadinya kehamilan pada akhirnya. Pemeriksaan Sperma yang rutin yang dilakukan langsung oleh dokter Andrologi sangat dianjurkan bagi pasangan yang belum memiliki keturunan, sebab hasil pemeriksaan sperma yang jelek akan menghambat terjadinya kehamilan. Di Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo telah melayani pemeriksaan sperma yang langsung dilakukan oleh ahlinya dan juga pasien akan langsung melihat keadaan spermanya. Jadi pasien langsung mengetahui baik buruknya parameter spermanya secara langsung dan mendapatkan penjelasan secara langsung serta terapi apa yang perlu dijalani oleh pasien.

Perlu diketahui bahwa dewasa ini pola hidup, polusi dan lain sebagainya berperan cukup penting dalam kesuburan pria, dimana hal tersebut akan memberikan dampak reaksi oxydatif pada saluran reproduksi pria yang menyebabkan parameter sperma menjadi tidak bagus. Oleh sebab itu hendaknya apabila dirasakan sulit memiliki keturunan agar segera kontrol ke poli Andrologi Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo agar mendapatkan penanganan yang tepat dan akurat.

Selain masalah kesuburan pria, Andrologi Rumah Sakit Daerah Sidoarjo juga menangani konsultasi masalah KB (keluarga Berencana)  pria non operatif atau tanpa tindakan operasi, dimana metode yang digunakan adalah metode terapi hormonal maupun dengan obat-obatan. Adapun metode dengan operasi hendaknya dilakukan pemeriksaan sperma analisis sebelum dan sesudah operasi untuk mengetahui konsentrasi sperma secara akurat supaya setelah KB dapat berhubungan dengan pasangan tanpa rasa khawatir.

 

Pada pria yang mengeluhkan sulit ereksi ataupun ejakulasi terlalu cepat juga telah ditangani di Rumah Sakit Sidoarjo dengan peningkatan jumlah pasien yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Hal tersebut dikarenakan dewasa ini pola hidup kurang terkontrol dan makin maraknya kelainan metabolisme yang menjadi penyebab tersering timbulnya keluhan tersebut. Selain pengaruh hormonal yang makin menurun pada usia yang semakin meningkat.

Komentar
  • NUR AINI27-Sep-2018, 11:28:07

    jadwal nya hari apa aja yaa

    Balas
Tulis Komentar