Penerimaan Pegawai BLUD NON PNS
RSUD Kab. Sidoarjo Tahun 2018

GIGI copot bisa dipasang lagi

| 2016-03-15 00:00:00

oleh : drg Henry Wahyu Setiawan SpBM

Gigi adalah salah satu bagian tubuh kita yang sangat penting baik secara fungsi maupun estetik. Hilangnya gigi akan menyebabkan seseorang kehilangan ketampanan / kecantikannya dan kesulitan mengunyah makanan. Tahukah anda gigi yang copot / terlepas dari soket gigi bisa dipasang lagi ? seringkali kasus ini dialami pasien yang dirawat di UGD akibat kecelakaan dan kadang harus rawat inap akibat cedera kepala atau cedera lain yang parah sehingga sering melupakan giginya yang copot. Biasanya pasien langsung pasrah apabila hal ini terjadi dan berakhir dengan gigi yang menjadi ompong. Kemudian dilanjutkan dengan pemakaian gigi palsu maupun pemasangan gigi implan yang pastinya repot dan mahal harganya. Kondisi tersebut sering diakibatkan kecelakaan lalu lintas yang seringkali menyebabkan trauma pada gigi dan mulut. Kejadian gigi terlepas paling sering terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Gigi yang paling sering terlepas akibat trauma ini adalah gigi tetap seri rahang atas.

Istilah medis pada kasus tersebut adalah avulsi gigi. Avulsi gigi merupakan keadaan trauma gigi ketika gigi terlepas dari tempatnya (soketnya) secara utuh dan menghasilkan luka kompleks, serta mempengaruhi beberapa jaringan pendukung gigi. Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah segera mencari pertolongan medis ke rumah sakit untuk merawat luka anda dan pemberian antiobiotik. Dokter gigi (spesialis bedah mulut) dapat melakukan pertolongan pada luka di rongga mulut anda dan kemudian dapat segera melakukan penanaman kembali gigi anda ke dalam soketnya, dan dilakukan splint (fiksasi) untuk mengembalikan gigi secara fungsi maupun estetik. Perawatan pasien trauma wajah yang berakibat gigi yang copot / avulsi ini membutuhkan perawatan multidisiplin. Keberhasilan perawatan replantasi gigi ini dipengaruhi oleh jarak waktu antara terlepasnya gigi sampai dilakukan replantasi. Berdasarkan pengalaman kasus, masih terdapat keberhasilan replantasi dengan jarak waktu dari terlepasnya gigi sampai dengan dilakukan replantasi adalah 4 hari, namun semakin lama gigi terlepas dari soketnya maka tingkat keberhasilannya semakin kecil.

 

Komentar
  • Meidiyah Anggraini27-Feb-2018, 21:30:16

    Baru tau ini sy dokter kalau gigi yang terlepas bisa di pasang kembali...tapi emank gigi itu terlihat sepele tapi sangat penting...salam gigi sehat..

    Balas
Tulis Komentar