WHISTLEBLOWING SYSTEM

Apakah anda mengetahui ada pelanggaran?

LAPORKAN via WBS!

Artikel

line
  • 2018-03-07 13:35:58
  • administrator

SUDAHKAH ANDA MENGGUNAKAN MOUSE DENGAN BENAR??

Oleh dr. Umi Sayyirotin, SpKFR

Apakah Anda sering menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer? Apakah Anda sering main game dengan laptop Anda?

Jika jawabannya ya dan Anda pernah atau sedang mengalami nyeri pada lengan atau pergelangan tangan, bisa jadi Anda mengalami mouse elbow atau yang dikenal di dunia medis dengan istilah epicondylitis overuse injury.

Apakah itu epikondilitis dan apa penyebabnya?

Mouse elbow atau epikondilitis merupakan suatu bentuk cedera akibat penggunaan otot atau tendon yang berlebih dan menyebabkan degenerasi serta stress berulang pada lengan bawah dan pergelangan tangan Anda, seperti misalnya memindahkan dan mengklik menggunakan mouse.

Nyeri dapat terjadi pada bagian luar dari pergelangan tangan Anda ataupun lengan bawah Anda. Dengan stress yang berulang dan repetitif, Anda dapat mengalami nyeri pada otot dan tendon bahkan saat beristirahat, yang dapat menyebabkan kelemahan dalam melemahnya kekuatan genggaman tangan.

Bagaimana cara mengurangi nyeri tersebut?

·         Es

Gunakan es pada pergelangan tangan untuk mengurangi peradangan dan nyeri. Aplikasikan 2-3 kali sehari selama 15-20 menit.

·         Peregangan otot

Melakukan peregangan otot lengan bawah dan tangan dapat membantu mengurangi kekakuan sendi dan tekanan pada otot.

·         Istirahat
Beristirahatlah menggunakan mouse komputer selama beberapa hari. Hal ini akan meminimalisir cedera yang dapat ditimbulkan.

Bagaimana pencegahan epikondilitis?

·         Atur meja kerja Anda

Tempatkan mouse ataupun benda-benda yang sering Anda gunakan dekat dengan Anda untuk meminimalisir Anda menjangkau benda-benda yang jauh. Hal ini juga dapat mengurangi beban pada otot lengan dan pergelangan tangan Anda.

·         Pastikan terdapat support khusus untuk pergelangan Anda

Ketika menggunakan mouse atau keyboard, pastikan terdapat bantalan atau support pada pergelangan tangan Anda.

·         Gunakan lengan Anda,

tidak hanya pergelangan tangan Anda Sewaktu menggerakan mouse atau menggunakan keyboard, gunakan lengan Anda untuk berpindah, tidak hanya dengan pergelangan tangan Anda. Sewaktu mengetik, biarkan tangan Anda relaks. Dan sewaktu memegang mouse, genggam dengan santai dan hindari menggenggam terlalu kuat.

·         Berdiri, bergerak dan beristirahat

Cobalah untuk rehat sejenak dari posisi statis Anda saat bekerja setiap 30-60 menit. Hal ini juga baik untuk penglihatan Anda, kesehatan kardiovaskular, otot serta pikiran Anda. 

Jika cara-cara tersebut telah Anda coba dan nyeri menetap atau malah memburuk, sebaiknya segera berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Informasi Terbaru