Hari Lupus Sedunia

administrator | 2020-05-11 08:28:24

Hari Lupus Sedunia diperingati pada tanggal 10 Mei setiap tahunnya. Lupus atau penyakit autoimun adalah kondisi saat sistem imunitas atau kekebalan tubuh seseorang kehilangan kemampuan untuk membedakan substansi asing (non-self) dengan sel dan jaringan tubuh sendiri (self). Kondisi ini membuat sistem kekebalan tubuh menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh yang sehat.
Lupus terdiri dari beberapa macam jenis, salah satu jenis yang paling sering dirujuk masyarakat umum yakni Lupus Eritematosus Sistemik (LES). LES memiliki gejala yang mirip dengan penyakit lain, sehingga sulit untuk dideteksi. Tingkat keparahannya pun beragam mulai dari ringan hingga yang mengancam jiwa. Gejala LES dapat timbul secara tiba-tiba atau berkembang perlahan. Pasien LES dapat mengalami gejala yang bertahan lama atau bersifat sementara sebelum akhirnya kambuh lagi. Kesulitan dalam upaya mengenali LES sering kali mengakibatkan diagnosis dan penanganan yang terlambat.
Guna menekan tingginya prevalensi LES, Kementerian Kesehatan RI telah mencanangkan program deteksi dini Lupus yang disebut dengan Periksa Lupus Sendiri (SALURI)
Komentar

Belum ada komentar

Tulis Komentar