Peringati Hari Kanker Sedunia, RSUD Gelar Pap Smear Gratis

| 2016-02-16 09:26:33

Peringati Hari Kanker Sedunia, RSUD Gelar Pap Smear Gratis

Penyakit kanker masih menjadi penyakit paling mematikan di negara-negara berkembang, termasuk di Indonesia. Fakta menunjukkan penyakit ini setiap tahun menyebabkan kematian lebih dari 20 ribu orang setiap hari. Meskipun termasuk dalam penyakit mematikan, kanker masih bisa disembuhkan asalkan masih dalam stadium awal dengan melalui berbagai treatment yang telah ditentukan.

Begitu banyak jenis kanker yang bisa menyerang kita. Sampai sekarang terdapat lebih dari 100 macam kanker dan bisa mengenai setiap bagian tubuh kita. Beberapa jenis kanker berhubungan dengan faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari, seperti gaya hidup tidak sehat, faktor lingkungan sekitar yang tidak sehat, seperti banyak perokok, banyak konsumsi fast food, dll

Kanker terjadi jika sel-sel membelah diri secara tidak terkendali. Sel-sel abnormal ini dapat menyerang jaringan di dekatnya atau berpindah ke lokasi yang jauh dengan cara memasuki aliran darah atau sistem limfatik. Agar tubuh manusia dapat berfungsi dengan normal, setiap organ harus memiliki sejumlah sel tertentu. Namun, sel-sel dalam sebagian besar organ mempunyai masa hidup yang pendek, dan agar organ bisa terus berfungsi, tubuh harus mengganti sel-sel yang hilang melalui proses pembelahan sel.

IMG_1532

Peringatan hari kanker sedunia yang jatuh setiap tanggal 4 Februari, diperingati RSUD Sidoarjo dengan menggelar seminar di ruang tunggu poliklinik rawat jalan dan acara pap smear gratis. Namun, papsmear gratis hanya diperuntukkan untuk 100 orang yang telah mendaftar melalui SMS minimal sehari sebelum acara. Pada saat acara, peserta yang telah mendaftar melakukan registrasi sebelum dilakukan pemeriksaan papsmear.

IMG_5487

Selain papsmear, dr. Andoharman Damanik, SpOG dan dr. Dita Taurini, SpPD memberikan seminar mengenai kanker dan pencegahannya kepada pasien dan keluarganya yang berada di ruang tunggu poliklinik rawat jalan RSUD Sidoarjo.

Acara bakti sosial ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat, terutama untuk mencegah penyakit kanker. Karena kanker berkaitan erat dengan gaya hidup sehat. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? J

           

Komentar

Belum ada komentar

Tulis Komentar